Info Pesantren
Thursday, 01 Dec 2022
  • Selamat Datang di Website kami

Peringati Maulid Nabi, Ustadz Umar Ismail Ajak Teladani Akhlak Nabi Muhammad SAW

Diterbitkan : - Kategori : BERITA UMUM

Aceh Besar – Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas  menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M. Kegiatan berlangsung dengan khidmat di halaman asrama intensif pusat mulai dari ba’da ashar sampai malam yang dihadiri para santri sebanyak 1.200 orang, dewan guru, tamu undangan  unsur perangkat desa dan juga masyarakat sekitar. Senin (31/10).

Peringatan Maulid tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Kenduri Maulid atau makan bersama dilaksanakan pada sore harinya. Para santri, dewan guru dan juga tamu undangan makan bersama kenduri Maulid di sore hari ba’da ashar. Setelah itu baru dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan seperti penampilan santri dan ceramah Maulid oleh Ustadz Umar Ismail pada malam harinya. Ungkap ketua panitia Ustadz Nuzul Azmi.

Setelah selesai kenduri Maulid, kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilanjutkan pada malam harinya ba’da isya. Dimulai dari penampilan Hadrah dari tim Anwarul Hufazin. Di tengah kegiatan Mudir Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas menyampaikan kata-kata sambutan.

Dalam sambutannya, Mudir Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Ustadz H. Zulfikar, S.Ag M.Ag mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya peringatan Maulid Nabi. “Alhamdulillah, kita kembali dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi secara bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat kembali kisah perjuangan Nabi Muhammad SAW dan disamping itu juga menjadi kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan ,” Ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video perjalanan Syahadah tahun ajaran 2021/2022 dan penampilan Nasyid. Kemudian diakhir acara diisi dengan ceramah Maulid sekaligus do’a oleh Ust. Umar Ismail, S.Ag Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan bahwa Rasulullah SAW adalah teladan hidup, seluruh aspek kehidupannya merupakan teladan bagi umat . Semua perilaku tindakan ucapan dan keseharian Rasulullah SAW adalah merupakan teladan bagi seluruh umat islam.

Lebih lanjut Umar Ismail menyampaikan nilai-nilai dan keteladanan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah kiranya dapat ditiru dan dipraktekkan dalam sehari hari sehingga hidup menjadi berkah, bahagia dunia dan akhirat. ” mari kita semua mengikuti seluruh nilai dan kemuliaan yang telah diajarkan Nabi Muhammad dan menjadikan pedoman yang baik bagi kita semua, ” Lanjutnya

Oleh karenanya umat Islam penting untuk selalu mengenang peristiwa kelahiran Rasulullah SAW. Diantara sekian banyak keteladanan Rasulullah SAW, beliau juga mengungkap keteladanan Rasulullah SAW dalam bermuamalah bermasyarakat dengan para sahabat dan orang-orang sekelilingnya. Nabi Muhammad SAW sangat tinggi akhlaknya bahkan beliau tidak pernah menyakiti hati orang dan tidak mempermalukan orang lain di depan umum. Inilah salah satu contoh akhlak yang agung yang beliau contohkan kepada kita umatnya. Sebut Ustadz Umar Ismail di akhir tausiyah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar