Info Pesantren
Thursday, 01 Dec 2022
  • Selamat Datang di Website kami

MIT DTI Gelar Mukammal 5 Juz Al-Qur’an, Kepala MIT: Awal Tahun ini 20 santri akan ikuti Mukammal

Diterbitkan : - Kategori : BERITA MIT

MIT DTI Gelar Mukammal 5 Juz Al-Qur’an, Kepala MIT: Awal Tahun ini 20 santri akan ikuti Mukammal 5 Juz.

Dengan aktifitas belajar dan mengajar yang luar biasa, yang namanya siswa memang identik dengan padatnya tugas dan kegiatan. Akan tetapi disamping menjalani kurikulum sekolah dasar pada umumnya Madrasah Ibtidayah Terpadu (MIT) Daarut Tahfizh Al-Ikhlas (DTI) menyediakan salah satu mata pelajaran yang paling menantang yakni Mukammal.

“Mukammal ini yaitu siswa menyetor hafalan Al-Qur’an mereka sekali duduk sebanyak 5 Juz dan ini di khususkan bagi para santri MIT yang sudah berada di kelas 6”, ungkap Ustad Azmi selaku Kepala MIT DTI.

Dalam sambutannya Ustad Nuzul Azmi menyampaikan dalam awal tahun ini akan ada 20 santri lagi yang sudah siap untuk mengikuti mukammal 5 Juz Al Qur’an dan jumlah ini akan bertambah lagi seraya berjalannya waktu.

“sebenarnya sudah banyak santri yang sudah memiliki hafalan 5 Juz, cuma yang namanya anak-anak pasti kesiapan mental juga harus kami persiapkan dengan matang supaya mereka siap ketika mukammal berjalan”, jelasnya.

Ustad Azmi menambahkan mukammal ini disaksikan langsung oleh para wali santri sendiri dan tentunya para siswa MIT juga turut andil dalam menyimak hafalan para peserta mukammal.

“jadi wajar-wajar saja mereka harus menyiapkan mental yang cukup”, katanya.

“santri yang turut ikut hari ini yakni Rana Asyila Halim Binti Abdul Halim, peserta pertama mukammal yang sudah berada di kelas VI MIT”, lanjutnya.

Kegiatan mukammal ini sendiri dilaksanakan di Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas Komplek Villa Buana Gardenia, Aceh Besar (05/02/2022).

Mudir MDTI Ustad Zulfikar, M. Ag memberikan apresiasi kepada pihak MIT dalam menyelenggarakan mukammal ini, karena sebuah prestasi ketika para santri sibuk dengan pelajaran sekolah mereka tetapi mereka juga mampu menghafal Al-Qur’an sesuai target yang telah ditentukan.

“Efek dari Mukammal ini sangatlah baik untuk para santri, selain dalam menjaga hafalan mereka disamping itu juga dapat membuat orang tua wali itu sendiri bangga”, kata Ustad Zul.

“Terlihat dari wali santri yang memeluk anaknya dengan penuh haru dan berlinang air mata, ketika sukses dan lancar dalam menyelasaikan mukammal 5 Juz Al-Qur’an”, lanjut ustad yang sering dipanggil dengan Mudir Mahad ini.

disamping itu beliau juga berpesan tetaplah menjadi ahli Al-Qur’an dan selalu terus mempelajarinya, karena hikmah dari Al-Qur’an ini sangatlah luar biasa dan hasilnya pun tidak pernah kita sangka di dalam alam pikiran kita.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar