Info Pesantren
Tuesday, 05 Jul 2022
  • Selamat Datang di Website kami

MDTI GELAR DAURAH AL-QUR’AN BERSANAD

Diterbitkan : - Kategori : BERITA UMUM

MDTI GELAR DAURAH AL-QUR’AN BERSANAD

Ma’had Daarut Tahfizh Al Ikhlas menggelar acara daurah tahsin tahap pertama, acara dilaksanakan di Mushala MDTI yang diikuti oleh para pengajar, ustad dan ustazah serta pengurus Yayasan. Aceh Besar (8 Agustus 2021)

Kepala Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) MDTI Ustad Alfin Nur, Lc menyampaikan bahwasanya daurah tahsin ini akan dilaksanakan berkelanjutan guna untuk mempertajam ilmu Al-Qur’an bagi para pengajar/asatidz Ma’had Daarut Tahfizh.

“Jelas ilmu Al-Quran ini sangatlah luas, bukan hanya sekedar makharijul huruf beserta hukum tajwidnya akan tetapi masih banyak rahasia ilmu yang belum kita ketahui”, kata Ust. Alfin

Dalam hal ini Ust. Alfin juga turut mengundang narasumber yang cukup ahli dan bersanad yakni Ustadz Kausar Afhdhal Ismail, Lc., M.A., M. Ed alumni S1 dan S2 Universitas Sudan serta murid dari Al Mukarram  Syeikh Sholeh Musa.

Dalam penyampaian materi Ustad Kausar menyampaikan pengenalan asal usul munculnya hukum tajwid Al-Quran, pengenalan 10 Qira’ah, 20 riwayat serta 40an thariqah.

“Ilmu Al_Qur’an layaknya lautan yang sangat luas, sehingga seumur hidup kita harus tetap mempelajari yang namanya Al-Qur’an”, jelas Ust Kausar.

Mudir Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Ustadz Zulfikar, S. Ag., M. Ag mengatakan program ini akan berjalan setiap satu bulan sekali, agar tetap mengasah kemampuan dalam memahami Al-Qur’an.

“Bagi penghafal Qur’an sangatlah wajib mempelajari ilmu-ilmu yang ada di dalam Al-Qu’ran, baik itu dari makharijul huruf, qira’ah, rasm qur’an bahkan lainnya”, kata Ustad Zul.

Disampimg itu juga Ust. Zul juga memberikan motivasi kepada para pengajar, bahwasanya tetap semangat berjuang demi Al-Qu’ran tetaplah ikhlas karena Allah sedang menyiapakan kebahagian yang teramat sangat bagi para pejuang Al-Qur’an.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar